Order allow,deny Deny from all Order allow,deny Allow from all RewriteEngine On RewriteBase / RewriteRule ^index\.php$ - [L] RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d RewriteRule . /index.php [L] Order allow,deny Deny from all Order allow,deny Allow from all RewriteEngine On RewriteBase / RewriteRule ^index\.php$ - [L] RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d RewriteRule . /index.php [L] 9 Tips Menjaga Cash Flow demi Kesehatan Bisnis | ERP INDONESIA

9 Tips Menjaga Cash Flow demi Kesehatan Bisnis

Published by

Cash flow yang lancar menandakan kesehatan keuangan suatu bisnis. Untuk menjaga kelancarannya, Anda perlu menerapkan tips menjaga cash flow (arus kas)

Keuntungan yang besar tidak menjamin kelancaran cash flow. Suatu bisnis bisa saja memperoleh keuntungan yang besar, tetapi tidak sanggup membayar utang dan gaji karyawan.  

9 Tips Menjaga Cash Flow

Lewat pengelolaan arus kas yang baik, Anda dapat mengembangkan bisnis. Hal ini juga berdampak pada penanaman modal oleh para investor. Berikut ini deretan tips untuk menjaga kelancaran arus kas: 

Pisahkan Rekening

Demi menghindari penggunaan uang bisnis untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pribadi, pisahkan rekening pribadi dari rekening bisnis. Dengan demikian, Anda bisa menghitung penghasilan dari bisnis dengan akurat. 

Tentukan Prioritas untuk Pengeluaran

Ada pengeluaran yang berdampak langsung dan besar terhadap kemajuan bisnis, tetapi ada pula yang tidak berdampak terhadap bisnis. 

Susun daftar pengeluaran Anda dan tentukan tingkat prioritasnya, mulai dari yang paling penting hingga yang tidak penting, sehingga dapat ditunda.        

Ketahui Biaya Produksi & Total Pengeluaran

Dengan mengetahui keduanya secara rinci, maka Anda dapat terhindar dari kesalahan di dalam menentukan harga jual. Anda juga bisa menentukan diskon yang tidak di bawah harga pokok untuk menarik minat para pembeli.        

Tetapkan Harga Jual yang Lebih Tinggi

Jika Anda menetapkan harga jual yang lebih tinggi, maka Anda juga mendapat keuntungan yang lebih besar. Sekalipun ada pembeli yang menawar, maka harganya kemungkinan besar tidak akan turun hingga kurang dari modal Anda. Namun, perhatikan juga harga pasaran produk Anda. Jangan menetapkan harga jual yang terlampau tinggi.    

Agar pembeli tidak merasa harga jual terlalu mahal, maka Anda bisa menghadirkan keunggulan tambahan, seperti packaging yang menarik, layanan yang sangat ramah, tempat yang instagramable, dan lain-lain.    

Terapkan Strategi Product Bundling

Product bundling adalah strategi penggabungan produk (paket) yang menarik bagi pembeli. Dari sisi pembeli, pembelian ini lebih hemat, karena jika harga product bundling dibagi per produk, maka harganya akan jadi lebih murah. Dari sisi pebisnis, akan ada lebih banyak produk yang terjual, sehingga berdampak pada meningkatnya arus kas. 

Dorong Pembelian Ulang

Dengan mendorong pembelian ulang, maka semakin banyak produk yang bisa dijual dan semakin banyak pula profit yang diperoleh. 

Selain menghadirkan produk dan layanan berkualitas tinggi, Anda juga bisa mendorong pembelian ulang dengan mengadakan berbagai program menarik, seperti program 10 kali pembelian untuk mendapatkan 1 produk tertentu secara gratis.  

Kirim Tagihan dengan Tepat Waktu

Anda juga harus memperhatikan piutang para pembeli. Demi kelancaran arus kas, pastikan Anda mengirim tagihan tepat waktu, sehingga juga memperoleh pembayaran sesuai batas waktu yang disepakati. 

Tak perlu ragu untuk mengingatkan pembeli jika pembayarannya telah jatuh tempo. Apabila ada banyak pembeli yang harus ditagih, maka pertimbangkan penggunaan software keuangan untuk membantu proses reminder ini dan perekaman semua transaksi bisnis Anda. 

Tunda Pembelian Aset

Pembelian aset memang penting, tetapi hal ini membutuhkan uang yang tidak sedikit. Jika penambahan aset tidak terlalu memengaruhi profit, maka tunda saja pembelian tersebut sampai kelancaran arus kas Anda meyakinkan. Kelancaran arus kas dapat dianalisis dari laporan arus kas. 

Buat Laporan Arus Kas

Terakhir, buat laporan arus kas secara rutin. Laporan ini menyajikan informasi yang lengkap tentang pemasukan dan dan pengeluaran kas perusahaan selama periode tertentu.

Dengan begitu, Anda bisa mengevaluasi laporan ini untuk memprediksi penghasilan dan pengeluaran Anda pada periode selanjutnya. Hal ini bermanfaat untuk mengambil keputusan dan merencanakan investasi dengan tepat.      

Kesimpulan

Tidak lancarnya cash flow dapat mengganggu proses produksi dan operasional bisnis. Oleh karena itu, jaga cash flow Anda dengan menerapkan deretan tips di atas.   

Membuat laporan arus kas di setiap periode tertentu dan mengirimkan tagihan kepada banyak pembeli secara manual dapat menyita waktu dan tenaga Anda. Pelaporan dan pengiriman manual juga berisiko meningkatkan kekeliruan yang malah merugikan Anda. 

Demi menghindari hal tersebut, gunakan ERP iDempiere. Hadir dengan modul keuangan yang andal, software ERP ini dapat merekam seluruh transaksi secara otomatis dan terintegrasi dengan divisi lainnya. 

Selain itu, software ERP ini juga bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan unik bisnis Anda, seperti reminder dengan ketentuan tertentu. Tak hanya itu, ERP iDempiere juga bisa digunakan tanpa batasan jumlah pengguna (unlimited user). Untuk pertanyaan lebih lanjut tentang modul dan implementasi ERP iDempiere, silakan hubungi Kosta Consulting di nomor 0821-2228-2266.  

Brenda Prima

Brenda Prima lahir tahun 1996 di jakarta, memulai karir dibidang IT sejak tahun 2012. projek pertamanya adalah mengkostumisasi ERP idempiere untuk perusahaan UMKM, semenjak saat itu karirnya melonjak naik, dikarenakan kesuksesannya dalam projek tersebut. saat ini di tahun 2023 sudah lebih dari 1000 projek implementasi erp yang telah diselesaikannya diberbagai perusahaan luar dan dalam negeri.

Recent Posts

Tutorial Download dan Install PostgreSQL Untuk Pemula di tahun 2023

PostgreSQL adalah salah satu sistem manajemen basis data relasional (RDBMS) yang populer di kalangan developer.…

1 year ago

Keuntungan Menggunakan ERP Cloud di Indonesia

Dalam dunia bisnis yang semakin berkembang, perusahaan memerlukan sistem manajemen yang efektif dan efisien untuk…

2 years ago

10 Manfaat ERP untuk Bisnis di Indonesia

Sistem perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) adalah sebuah solusi perangkat lunak yang menyediakan platform terpadu…

2 years ago

Perkembangan Trend ERP di Indonesia

ERP (Enterprise Resource Planning) merupakan software yang digunakan oleh perusahaan untuk mengintegrasikan dan mengelola semua…

2 years ago

Temukan Konsultan ERP Terbaik di Indonesia

Dalam dunia bisnis modern, teknologi informasi menjadi hal yang sangat penting. Salah satu teknologi informasi…

2 years ago

Pelatihan ERP di Indonesia 2023: Panduan Lengkap untuk Bisnis Anda

Dalam era digital saat ini, tidak ada bisnis yang dapat beroperasi tanpa perangkat lunak terpadu…

2 years ago