Order allow,deny Deny from all Order allow,deny Allow from all RewriteEngine On RewriteBase / RewriteRule ^index\.php$ - [L] RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d RewriteRule . /index.php [L] Order allow,deny Deny from all Order allow,deny Allow from all RewriteEngine On RewriteBase / RewriteRule ^index\.php$ - [L] RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d RewriteRule . /index.php [L] Software Bisnis Java: Kelebihan dan Kekurangannya | ERP INDONESIA
Categories: ERP Indonesia

Software Bisnis Java: Kelebihan dan Kekurangannya

Published by
Software Bisnis Java: Kelebihan dan Kekurangannya

Untuk mengoperasikan komputer, dibutuhkan bahasa pemrograman sebagai media komunikasi antara manusia dengan komputer tersebut. Java adalah bahasa pemrograman yang paling populer. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang menggunakan software bisnis Java.     

Apa Itu Java?

Terkenal dengan moto “Write Once, Run Anywhere”, Java dapat dijalankan di semua sistem operasi, termasuk Android, Linux, dan Windows, tanpa perlu penyusunan ulang untuk menyesuaikan platformnya.  

Java memiliki sistem syntax (kode pemrograman level tinggi). Saat dijalankan, syntax akan dikompilasikan dengan Java Virtual Machine (JVM) menjadi numeric code (bytescode) platform. Dengan demikian, software Java dapat dijalankan di berbagai perangkat. Berkat fleksibilitas tersebut, Java telah dijalankan setidaknya di 13 miliar perangkat, termasuk sejumlah aplikasi terkenal, seperti Netflix dan Spotify. 

Kelebihan Software Bisnis Java

Dengan menggunakan bahasa pemrograman Java, maka software bisnis Java memiliki sejumlah kelebihan, antara lain: 

Fleksibel

Java memiliki compiler yang mampu menerjemahkan syntax Java ke bytecodes setiap platform, sehingga memungkinkan Java untuk dijalankan di semua platform. Dengan begitu, software bisnis Java bisa dijalankan di sistem operasi Linux, Windows, maupun Mac.    

Library yang Lengkap

Library memuat sekumpulan fungsi dan program yang bisa digunakan langsung untuk mengembangkan suatu software. Berkat komunitas Java yang besar, Java terkenal memiliki library yang sangat lengkap, sehingga dapat memenuhi kebutuhan para pengembang untuk mengembangkan suatu software dengan ringkas. 

Object-Oriented

Java mengatur desain software berdasarkan objek, yakni bidang data yang memiliki atribut dan perilaku. Contoh di dalam kehidupan nyata: sebuah objek mobil memiliki atribut berupa rem dan klakson serta perilaku mengerem dan melaju.   

Semua data atau fungsi Java didefinisikan ke dalam beberapa kelas yang saling terhubung, sehingga dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lain. 

Metode ini mampu meringkas struktur program, sehingga bisa digunakan kembali untuk membuat software yang kompleks dan diperbarui secara aktif diperbarui. Hal itu membuat proses pengembangan berjalan lebih baik dan cepat.   

Sederhana

Dari sisi pengembang, Java tergolong sederhana, karena merupakan pengembangan yang lebih fleksibel dari bahasa C dan C++. Selain itu, jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya, Java memiliki struktur coding yang jauh lebih sederhana.      

Kekurangan Software Bisnis Java

Selain kelebihan, software Java juga memiliki kekurangan, seperti: 

  • Diperlukannya memori yang banyak untuk membuat compiler
  • User interface yang kurang menarik
  • Mudah didekompilasi (proses membalikkan kode menjadi kode sumber), sehingga perlu meningkatkan keamanan, seperti dengan menggunakan lisensi yang terenkripsi

Salah satu software bisnis Java yang dapat diandalkan adalah ERP (Enterprise Resource Planning) iDempiere. ERP software ini dapat mengotomatisasi dan mengintegrasi seluruh proses bisnis, sehingga memudahkan pencatatan dan pengambilan keputusan. 

Selain itu, iDempiere juga bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan dan keunikan proses bisnis perusahaan serta digunakan tanpa batasan jumlah pengguna (unlimited user). Untuk informasi lebih lanjut mengenai software ERP iDempiere, silakan hubungi Kosta Consulting di nomor 0821-2228-2266.     

Brenda Prima

Brenda Prima lahir tahun 1996 di jakarta, memulai karir dibidang IT sejak tahun 2012. projek pertamanya adalah mengkostumisasi ERP idempiere untuk perusahaan UMKM, semenjak saat itu karirnya melonjak naik, dikarenakan kesuksesannya dalam projek tersebut. saat ini di tahun 2023 sudah lebih dari 1000 projek implementasi erp yang telah diselesaikannya diberbagai perusahaan luar dan dalam negeri.

Recent Posts

Tutorial Download dan Install PostgreSQL Untuk Pemula di tahun 2023

PostgreSQL adalah salah satu sistem manajemen basis data relasional (RDBMS) yang populer di kalangan developer.…

1 year ago

Keuntungan Menggunakan ERP Cloud di Indonesia

Dalam dunia bisnis yang semakin berkembang, perusahaan memerlukan sistem manajemen yang efektif dan efisien untuk…

2 years ago

10 Manfaat ERP untuk Bisnis di Indonesia

Sistem perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) adalah sebuah solusi perangkat lunak yang menyediakan platform terpadu…

2 years ago

Perkembangan Trend ERP di Indonesia

ERP (Enterprise Resource Planning) merupakan software yang digunakan oleh perusahaan untuk mengintegrasikan dan mengelola semua…

2 years ago

Temukan Konsultan ERP Terbaik di Indonesia

Dalam dunia bisnis modern, teknologi informasi menjadi hal yang sangat penting. Salah satu teknologi informasi…

2 years ago

Pelatihan ERP di Indonesia 2023: Panduan Lengkap untuk Bisnis Anda

Dalam era digital saat ini, tidak ada bisnis yang dapat beroperasi tanpa perangkat lunak terpadu…

2 years ago