Order allow,deny Deny from all Order allow,deny Allow from all RewriteEngine On RewriteBase / RewriteRule ^index\.php$ - [L] RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d RewriteRule . /index.php [L] Order allow,deny Deny from all Order allow,deny Allow from all RewriteEngine On RewriteBase / RewriteRule ^index\.php$ - [L] RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d RewriteRule . /index.php [L] Pentingnya Invoice Pembelian Barang bagi Pembeli | ERP INDONESIA
Categories: akuntansipurchasing

Pentingnya Invoice Pembelian Barang bagi Pembeli

Published by

Saat melakukan pembelian barang, maka invoice pembelian barang menjadi dokumen yang penting untuk dicatat dan diarsip. Bagi pembeli, dokumen ini merupakan bukti transaksi untuk mengetahui penggunaan anggaran belanja pada suatu periode.  

Meskipun invoice kerap disamakan dengan purchase order dan nota, tetapi ketiganya memiliki perbedaan yang jelas dan mendasar. Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.   

Pengertian Invoice Pembelian Barang

Invoice pembelian barang adalah dokumen yang memuat perjanjian antara penjual pembeli beserta perhitungan transaksi pembelian barang tertentu antara kedua pihak. 

Jika invoice penjualan diterbitkan penjual dan diberikan kepada pembeli, maka invoice pembelian adalah invoice yang diterima pembeli dari penjual.    

Disebut juga sebagai faktur pembelian, dokumen ini diterbitkan untuk menghindarkan kesalahpahaman antara 2 pihak yang bertransaksi.  

Penjual akan mengirimkan barang/jasa sedangkan pembeli akan menerima barang/jasa tersebut disertai dengan invoice dengan nilai yang sudah disepakati. 

Manfaat Invoice Pembelian

Sebagai bukti pembelian atas produk suatu perusahaan, invoice tentu memberikan sejumlah manfaat penting bagi pembeli, yaitu:   

  • Sebagai bentuk transparansi keuangan antara penjual dan pembeli
  • Sebagai bukti otentik dan sah atas pembelian, sehingga bisa digunakan untuk komplain jika barang yang diterima tidak sesuai invoice.
  • Menginformasikan nilai yang harus dibayar pembeli kepada penjual.
  • Menjadi acuan dasar untuk pembuatan laporan keuangan.

Komponen Invoice

Sebagai bukti pembelian yang sah, invoice harus memuat beberapa komponen penting berikut ini: 

  • Nomor invoice,
  • Tanggal penerbitan invoice,
  • Identitas penjual dan pembeli,
  • Rincian barang,
  • Diskon (jika ada),
  • Harga per unit,
  • Pajak,
  • Total harga yang harus dibayar,
  • Tanggal jatuh tempo pembayaran,
  • Metode pembayaran yang diterima penjual,
  • Syarat dan ketentuan pembayaran (jika ada).

Perbedaan Invoice dan Nota

Hingga kini, perbedaan invoice dan nota masih sering membingungkan banyak orang. Nota diterbitkan sebelum barang berpindah tangan, sedangkan invoice diterbitkan setelah barang diterima. 

Selain itu, nota sangat umum digunakan oleh siapa saja, termasuk toko kecil. Tak hanya untuk kegiatan jual beli, nota juga bisa digunakan sebagai tanda terima uang. Sementara invoice umumnya diterbitkan oleh perusahaan besar kena pajak. 

Perbedaan Invoice dan Purchase Order

Lantas, apa perbedaan invoice dan purchase order? Sesuai namanya, invoice adalah dokumen penagihan yang dikirimkan penjual ke pembeli. Sementara purchase order (PO) adalah dokumen pesanan yang dikirim oleh pembeli ke penjual saat memesan barang. 

Kemudian, PO berisi rincian dari barang yang hendak dipesan. Sementara invoice berisi rincian penagihan atas barang yang telah dibeli. 

Terakhir, purchase order dikirim saat calon pembeli melakukan pemesanan, sedangkan invoice dikirim sebagai proses pembayaran dari transaksi yang telah disepakati. 

Kesimpulan

Invoice pembelian barang merupakan bukti pembelian sah yang dapat dijadikan sebagai acuan untuk membuat laporan keuangan dan mengetahui berapa banyak penggunaan anggaran belanja yang digunakan.  

Brenda Prima

Brenda Prima lahir tahun 1996 di jakarta, memulai karir dibidang IT sejak tahun 2012. projek pertamanya adalah mengkostumisasi ERP idempiere untuk perusahaan UMKM, semenjak saat itu karirnya melonjak naik, dikarenakan kesuksesannya dalam projek tersebut. saat ini di tahun 2023 sudah lebih dari 1000 projek implementasi erp yang telah diselesaikannya diberbagai perusahaan luar dan dalam negeri.

Recent Posts

Tutorial Download dan Install PostgreSQL Untuk Pemula di tahun 2023

PostgreSQL adalah salah satu sistem manajemen basis data relasional (RDBMS) yang populer di kalangan developer.…

1 year ago

Keuntungan Menggunakan ERP Cloud di Indonesia

Dalam dunia bisnis yang semakin berkembang, perusahaan memerlukan sistem manajemen yang efektif dan efisien untuk…

2 years ago

10 Manfaat ERP untuk Bisnis di Indonesia

Sistem perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) adalah sebuah solusi perangkat lunak yang menyediakan platform terpadu…

2 years ago

Perkembangan Trend ERP di Indonesia

ERP (Enterprise Resource Planning) merupakan software yang digunakan oleh perusahaan untuk mengintegrasikan dan mengelola semua…

2 years ago

Temukan Konsultan ERP Terbaik di Indonesia

Dalam dunia bisnis modern, teknologi informasi menjadi hal yang sangat penting. Salah satu teknologi informasi…

2 years ago

Pelatihan ERP di Indonesia 2023: Panduan Lengkap untuk Bisnis Anda

Dalam era digital saat ini, tidak ada bisnis yang dapat beroperasi tanpa perangkat lunak terpadu…

2 years ago