Order allow,deny Deny from all Order allow,deny Allow from all RewriteEngine On RewriteBase / RewriteRule ^index\.php$ - [L] RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d RewriteRule . /index.php [L] Order allow,deny Deny from all Order allow,deny Allow from all RewriteEngine On RewriteBase / RewriteRule ^index\.php$ - [L] RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d RewriteRule . /index.php [L] Divisi Keuangan vs Divisi Akuntansi, Bisa Digabung? | ERP INDONESIA
Categories: akuntansikeuangan

Divisi Keuangan vs Divisi Akuntansi, Bisa Digabung?

Published by

Sama-sama berhubungan dengan uang, banyak yang kesulitan untuk membedakan divisi keuangan vs divisi akuntansi. Kedua divisi ini bahkan kerap kali digabung menjadi satu. 

Apa perbedaan divisi akuntansi dan divisi keuangan? Apakah efektif untuk menggabungkan kedua divisi ini? 

Pengertian Keuangan dan Akuntansi

Dikutip dari Corporate Finance Institute, keuangan adalah pengelolaan uang dan investasi milik pribadi, perusahaan, maupun pemerintah. Dengan begitu, manajemen keuangan tak hanya dibutuhkan oleh lembaga, tetapi juga individu.   

Sementata akuntansi adalah perekaman, pemeliharaan, pelaporan atas transaksi lembaga atau perusahaan, sehingga umumnya digunakan oleh perusahaan dan pemerintah saja.        

Tugas Divisi Keuangan dan Divisi Akuntansi

Di perusahaan, divisi keuangan bertugas untuk mencari, mengelola, dan mengalokasikan dana serta menerima pembayaran perusahaan. Oleh karena itu, divisi ini berhak untuk memegang, menerima, dan mengeluarkan uang perusahaan, baik yang ada di kas, bank, deposit, hingga investasi. 

Namun, divisi ini juga dituntut untuk menyusun penganggaran (budget planning) dengan tepat. Setelah itu, divisi ini juga memastikan terpenuhinya kebutuhan perusahaan dengan anggaran yang telah disusun. 

Sementara divisi akuntansi bertugas untuk mencatat dan mengelompokkan semua transaksi yang telah terjadi di sebuah perusahaan. Divisi akuntansi juga bertugas untuk memastikan semua transaksi telah tercatat di akun yang tepat agar bisa disusun menjadi laporan keuangan yang akurat. Selain itu, divisi akuntansi juga bertugas untuk menghitung pajak yang harus dibayar oleh perusahaan kepada negara.  

Divisi Keuangan vs Divisi Akuntansi

Berdasarkan tugas-tugas di atas, dapat disimpulkan bahwa kedua divisi ini membutuhkan ketelitian tingkat tinggi. Namun, keduanya tetap saja berbeda. Simak rangkuman perbedaannya berikut ini: 

  • Divisi keuangan menyusun anggaran untuk masa depan, sedangkan divisi akuntansi menyusun laporan dari transaksi yang telah terjadi.
  • Divisi akuntansi menyiapkan laporan keuangan, sedangkan divisi keuangan menganalisis laporan tersebut.
  • Divisi akuntansi berfokus pada akurasi dan keandalan, sedangkan divisi keuangan berfokus pada pengetahuan dan analisis.
  • Divisi akuntansi bertujuan untuk menjelaskan posisi keuangan perusahaan. Sementara divisi keuangan bertujuan untuk meningkatkannya.
  • Divisi akuntansi mengambil tindakan berdasarkan aturan akuntansi, sedangkan divisi keuangan mengambil tindakan berdasarkan hasil analisis.

Divisi Keuangan dan Divisi Akuntansi Bisa Digabung?

Meskipun memiliki berbagai perbedaan, tetapi tidak sedikit perusahaan yang menggabungkan kedua divisi ini karena jumlah transaksinya dianggap kecil. 

Nyatanya, jika kedua peran ini dipegang oleh satu orang, bisa menyebabkan potensi kecurangan untuk terjadi. Beberapa di antaranya: penerbitan dokumen tagihan yang fiktif, penundaan pembayaran, perubahan jumlah tagihan, dan lain sebagainya.   

Kesimpulan

Meskipun sama-sama berhubungan dengan uang perusahaan dan membutuhkan ketelitian tinggi, divisi keuangan dan akuntansi tetap merupakan dua divisi yang berbeda. Untuk menghindari terjadinya berbagai bentuk kecurangan terhadap keuangan perusahaan, kedua divisi ini perlu dipisah.    

Perbedaan yang paling mencolok dari keduanya adalah divisi akuntansi berfokus pada transaksi yang telah terjadi (masa lalu), sedangkan divisi keuangan berfokus untuk menyusun anggaran (masa depan).   

Brenda Prima

Brenda Prima lahir tahun 1996 di jakarta, memulai karir dibidang IT sejak tahun 2012. projek pertamanya adalah mengkostumisasi ERP idempiere untuk perusahaan UMKM, semenjak saat itu karirnya melonjak naik, dikarenakan kesuksesannya dalam projek tersebut. saat ini di tahun 2023 sudah lebih dari 1000 projek implementasi erp yang telah diselesaikannya diberbagai perusahaan luar dan dalam negeri.

Recent Posts

Tutorial Download dan Install PostgreSQL Untuk Pemula di tahun 2023

PostgreSQL adalah salah satu sistem manajemen basis data relasional (RDBMS) yang populer di kalangan developer.…

1 year ago

Keuntungan Menggunakan ERP Cloud di Indonesia

Dalam dunia bisnis yang semakin berkembang, perusahaan memerlukan sistem manajemen yang efektif dan efisien untuk…

2 years ago

10 Manfaat ERP untuk Bisnis di Indonesia

Sistem perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) adalah sebuah solusi perangkat lunak yang menyediakan platform terpadu…

2 years ago

Perkembangan Trend ERP di Indonesia

ERP (Enterprise Resource Planning) merupakan software yang digunakan oleh perusahaan untuk mengintegrasikan dan mengelola semua…

2 years ago

Temukan Konsultan ERP Terbaik di Indonesia

Dalam dunia bisnis modern, teknologi informasi menjadi hal yang sangat penting. Salah satu teknologi informasi…

2 years ago

Pelatihan ERP di Indonesia 2023: Panduan Lengkap untuk Bisnis Anda

Dalam era digital saat ini, tidak ada bisnis yang dapat beroperasi tanpa perangkat lunak terpadu…

2 years ago