Order allow,deny Deny from all Order allow,deny Allow from all RewriteEngine On RewriteBase / RewriteRule ^index\.php$ - [L] RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d RewriteRule . /index.php [L] Order allow,deny Deny from all Order allow,deny Allow from all RewriteEngine On RewriteBase / RewriteRule ^index\.php$ - [L] RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d RewriteRule . /index.php [L] Bagaimana Cara Menentukan Gaji Karyawan? Ini Jawabannya! | ERP INDONESIA
Categories: bisnisHRMpayroll

Bagaimana Cara Menentukan Gaji Karyawan? Ini Jawabannya!

Published by

Gaji merupakan hak yang diperoleh setiap karyawan setelah menyelesaikan pekerjaan. Nominal gaji harus disepakati oleh karyawan dan perusahaan tempatnya bekerja sejak awal. Sebelum menawarkan posisi dan gaji, pihak perusahaan perlu terlebih dahulu mengetahui cara menentukan gaji karyawan dengan benar. 

Penentuan gaji ini harus dilakukan dengan saksama agar tidak over budget namun tidak terlalu kecil. Apabila seorang karyawan digaji terlalu kecil dan tidak sebanding dengan pekerjaannya, maka kemungkinan ia akan segera pindah tempat kerja.  

Cara Menentukan Gaji Karyawan

Ada beberapa cara yang perlu ditempuh untuk menentukan gaji karyawan dengan benar, di antaranya:    

Pahami Komponen Gaji

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memahami komponen gaji dengan baik dan benar, seperti: upah pokok, tunjangan tetap (anak dan rumah), tunjangan tidak tetap (makanan dan transportasi), potongan, upah lembur, bonus, dan komisi penjualan.  

baca juga : perbedaan gaji kotor dan gaji bersih

Perhatikan Upah Minimum

Mengutip Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2018, upah minimum kabupaten atau kota (UMK) adalah upah minimum yang berlaku di dalam wilayah 1 (satu) kabupaten/kota. Nah, pastikan Anda mengetahui berapa upah minimum yang diwajibkan pemerintah setempat. Sebagai contoh UMK tahun 2022 tertinggi adalah di Kota Bekasi yang mencapai lebih dari Rp4.800.000. 

baca juga : perbedaan gaji dan upah

Riset

Setelah mengetahui berapa upah minimum yang harus dibayarkan, lakukan riset untuk pekerjaan dengan posisi serupa di industri yang sama dengan perusahaan Anda. Tak perlu khawatir, karena Anda dapat melakukan riset ini di LinkedIn, JobStreet, atau job portal lainnya. 

Tentukan Batasan

Selanjutnya, tentukan batas bawah dan batas atas untuk menawarkan gaji kepada para pelamar kerja. Jika ia meminta gaji yang di atas batas atas, maka tolak saja.     

Sesuaikan dengan Posisi dan Beban Kerja

Gaji karyawan yang belum berpengalaman tentu lebih kecil daripada gaji karyawan yang telah berpengalaman, terlebih jika karyawan ini melamar untuk posisi supervisor atau manager

Selain itu, sesuaikan juga dengan beban kerja karyawan tersebut. Jika beban kerjanya bertambah besar, pertimbangkanlah untuk menaikkan gajinya.  

Terbuka untuk Negosiasi

Lakukan negosiasi gaji dengan calon karyawan secara jelas. Hal ini dapat menumbuhkan semangat karyawan saat bekerja, sehingga jadi lebih produktif.    

baca juga : tips negosiasi gaji

Sesuaikan dengan Kinerja

Sesuaikan pula gaji dengan kinerja setiap karyawan. Karyawan dengan kontribusi yang besar berhak akan gaji yang lebih besar pada tahun berikutnya.   

baca juga : Kenali Hak Cuti Karyawan dan Aneka Jenisnya di Sini!

Gunakan HRIS

Terakhir, gunakan Human Resource Information System (HRIS) dari ERP iDempiere untuk pencatatan, perhitungan, pengelolaan, dan pembayaran gaji setiap karyawan per bulannya. Hal ini dapat meminimalkan kekeliruan yang diakibatkan oleh human error.    

Kesimpulan

Cara menentukan gaji karyawan dengan benar dan seimbang merupakan hal yang wajib dipahami dan dilaksanakan oleh setiap perusahaan. Tanpa adanya gaji yang seimbang, karyawan Anda mungkin akan hengkang dan pindah tempat kerja. 

HRIS dari ERP iDempiere dapat diandalkan untuk menghitung dan mendistribusikan gaji karyawan dengan akurat. Selain untuk mengotomatisasi dan mengintegrasi proses penggajian, aplikasi ERP ini juga bisa dikonfigurasi sesuai kebutuhan dan keunikan proses bisnis. Untuk informasi lebih lanjut terkait implementasi ERP iDempiere, silakan hubungi Kosta Consulting di nomor 0821-2228-2266. 

Brenda Prima

Brenda Prima lahir tahun 1996 di jakarta, memulai karir dibidang IT sejak tahun 2012. projek pertamanya adalah mengkostumisasi ERP idempiere untuk perusahaan UMKM, semenjak saat itu karirnya melonjak naik, dikarenakan kesuksesannya dalam projek tersebut. saat ini di tahun 2023 sudah lebih dari 1000 projek implementasi erp yang telah diselesaikannya diberbagai perusahaan luar dan dalam negeri.

Recent Posts

Tutorial Download dan Install PostgreSQL Untuk Pemula di tahun 2023

PostgreSQL adalah salah satu sistem manajemen basis data relasional (RDBMS) yang populer di kalangan developer.…

1 year ago

Keuntungan Menggunakan ERP Cloud di Indonesia

Dalam dunia bisnis yang semakin berkembang, perusahaan memerlukan sistem manajemen yang efektif dan efisien untuk…

2 years ago

10 Manfaat ERP untuk Bisnis di Indonesia

Sistem perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) adalah sebuah solusi perangkat lunak yang menyediakan platform terpadu…

2 years ago

Perkembangan Trend ERP di Indonesia

ERP (Enterprise Resource Planning) merupakan software yang digunakan oleh perusahaan untuk mengintegrasikan dan mengelola semua…

2 years ago

Temukan Konsultan ERP Terbaik di Indonesia

Dalam dunia bisnis modern, teknologi informasi menjadi hal yang sangat penting. Salah satu teknologi informasi…

2 years ago

Pelatihan ERP di Indonesia 2023: Panduan Lengkap untuk Bisnis Anda

Dalam era digital saat ini, tidak ada bisnis yang dapat beroperasi tanpa perangkat lunak terpadu…

2 years ago