Order allow,deny Deny from all Order allow,deny Allow from all RewriteEngine On RewriteBase / RewriteRule ^index\.php$ - [L] RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d RewriteRule . /index.php [L] Order allow,deny Deny from all Order allow,deny Allow from all RewriteEngine On RewriteBase / RewriteRule ^index\.php$ - [L] RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d RewriteRule . /index.php [L] Apa Itu Aplikasi? Kembali ke KBBI! | ERP INDONESIA
Categories: Teknologi

Apa Itu Aplikasi? Kembali ke KBBI!

Published by

Saat mendengar kata aplikasi, apa yang langsung muncul di benak Anda? Aplikasi smartphone seperti Instagram atau pengajuan kredit? Nah, agar tidak bingung lagi, yuk, pahami simak ulasan tentang apa itu aplikasi berikut ini. 

Apa Itu Aplikasi?

Kata ini memang sering digunakan di berbagai bidang. Melansir Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), aplikasi memiliki beberapa arti, yaitu: 

Karya Hias

Arti aplikasi yang pertama adalah: karya hias dalam seni jahit-menjahit dengan menempelkan (menjahitkan) guntingan-guntingan kain yang dibentuk seperti bunga (buah, binatang, dan sebagainya) pada kain lain sebagai hiasan. 

Ya, pengertian aplikasi yang pertama singkatnya adalah karya seni. Karya seni aplikasi tergolong sebagai salah satu teknik di dalam karya seni rupa 3 dimensi. Cara membuat karya seni aplikasi adalah dengan menempelkan berbagai kain yang dihias, sehingga menyerupai aneka bentuk, seperti tanaman, hewan, dan lain sebagainya.  

Penerapan

“Aplikasikan sunscreen secara merata di seluruh bagian wajah. Eh, tapi jangan pakai semen, yah, teman-teman, hehe.” Anda pernah mendengar kalimat seperti itu di video iklan atau tutorial penggunaan skincare, bukan?     

Nah, di dalam kata tersebut, kata aplikasi digunakan untuk menjelaskan konteks penggunaan atau penerapan. Kata aplikasikan sebenarnya bisa diganti dengan kata oleskan, tetapi kata aplikasikan bisa digunakan lebih luas, karena ada juga skincare disemprot (contoh: spray sunscreen), bukan dioleskan.        

Lamaran

Lamaran atau pengajuan di dalam bahasa Inggris disebut sebagai application. Maka dari itu, aplikasi di dalam bahasa Indonesia juga bisa digunakan sebagai pengganti kata lamaran, pengajuan, permohonan, dan pendaftaran.  Contoh kalimat: Kirimkan aplikasi kartu kredit bank XXX Anda melalui website YYY.   

Perangkat Lunak

Terakhir, ada aplikasi yang biasa Anda gunakan di smartphone. Aplikasi ini berarti program komputer atau perangkat lunak yang dirancang dan dikembangkan untuk mengerjakan tugas tertentu. 

Meski sama-sama berarti perangkat lunak, tetapi aplikasi dan software adalah 2 hal yang berbeda. Software adalah seperangkat program yang mengumpulkan informasi dan memberi instruksi kepada komputer atau perangkat lain untuk beroperasi. Sementara aplikasi pada dasarnya merupakan salah satu jenis software, begitu pula system software. Namun, system software sering disebut sebagai software, sehingga sering menimbulkan kesalahpahaman. 

Nah, berikut ini rangkuman tentang perbedaan aplikasi dan system software:   

  1. System software dirancang untuk mengelola sumber daya sistem, sedangkan aplikasi dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengguna dalam mengerjakan suatu tugas.
  2. System software dapat berjalan tanpa aplikasi, sedangkan aplikasi tidak dapat dijalankan tanpa system software.
  3. System software ditulis di dalam bahasa pemrograman tingkat rendah atau bahasa campuran, sedangkan aplikasi ditulis di dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi.
  4. Komputer bisa dijalankan tanpa aplikasi, tetapi tidak tanpa software.
  5. System software mulai beroperasi selama system dinyalakan, sedangkan aplikasi mulai beroperasi selama pengguna menyalakannya.
  6. System software diinstal bersamaan dengan diinstalnya operating system, sedangkan aplikasi diinstal saat pengguna membutuhkannya.
  7. System software bersifat serbaguna, sedangkan aplikasi dirancang untuk tujuan yang spesifik.
  8. Pengguna tidak berinteraksi dengan system software, tetapi berinteraksi dengan aplikasi saat menggunakannya.

Nah, pengertian aplikasi memang variatif. Silakan gunakan kata tersebut sesuai konteks kalimat yang ingin Anda sampaikan.   

Brenda Prima

Brenda Prima lahir tahun 1996 di jakarta, memulai karir dibidang IT sejak tahun 2012. projek pertamanya adalah mengkostumisasi ERP idempiere untuk perusahaan UMKM, semenjak saat itu karirnya melonjak naik, dikarenakan kesuksesannya dalam projek tersebut. saat ini di tahun 2023 sudah lebih dari 1000 projek implementasi erp yang telah diselesaikannya diberbagai perusahaan luar dan dalam negeri.

Recent Posts

Tutorial Download dan Install PostgreSQL Untuk Pemula di tahun 2023

PostgreSQL adalah salah satu sistem manajemen basis data relasional (RDBMS) yang populer di kalangan developer.…

1 year ago

Keuntungan Menggunakan ERP Cloud di Indonesia

Dalam dunia bisnis yang semakin berkembang, perusahaan memerlukan sistem manajemen yang efektif dan efisien untuk…

2 years ago

10 Manfaat ERP untuk Bisnis di Indonesia

Sistem perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) adalah sebuah solusi perangkat lunak yang menyediakan platform terpadu…

2 years ago

Perkembangan Trend ERP di Indonesia

ERP (Enterprise Resource Planning) merupakan software yang digunakan oleh perusahaan untuk mengintegrasikan dan mengelola semua…

2 years ago

Temukan Konsultan ERP Terbaik di Indonesia

Dalam dunia bisnis modern, teknologi informasi menjadi hal yang sangat penting. Salah satu teknologi informasi…

2 years ago

Pelatihan ERP di Indonesia 2023: Panduan Lengkap untuk Bisnis Anda

Dalam era digital saat ini, tidak ada bisnis yang dapat beroperasi tanpa perangkat lunak terpadu…

2 years ago